Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

By | Desember 12, 2018

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari Yang Belum Banyak Diketahui. Kira-kira Apa Saja Ya Khasiat Dan Manfaat Kalsium Untuk Tubuh ? Simak Informasinya DISINI


Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari HariDi antara semua manfaat kesehatan kalsium, yang paling penting adalah membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu dalam pencegahan kanker usus besar dan pengurangan obesitas.

Sejak kita lahir sampai mencapai usia lanjut kita membutuhkan kalsium. Di masa bayi kita, Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, selama masa remaja , Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Dan ketika kita semakin tua, tulang kita cenderung menjadi keropos dan lemah, sehingga membutuhkan banyak asupan kalsium.

Namun kondisi saat ini, kita sering cenderung menghindari makanan kaya kalsium seperti kelompok makanan utuh, termasuk produk susu. Penghindaran ini sering mengakibatkan kekurangan asupan kalsium.

Laporan mengatakan bahwa kondisi defisiensi kalsium terus meningkat, terutama pada wanita yang menjalani diet rendah kalori untuk mendapatkan langsing dan, karenanya, dihadapkan dengan ancaman osteoporosis . Jadi, sangat penting untuk mengonsumsi cukup kalsium, vitamin D , magnesium , dan K2 sepanjang hidup Anda.

Kalsium membentuk 2% dari total berat badan pada orang dewasa. Ini ditemukan di tulang dan gigi dalam volume tinggi. Jejak mineral juga hadir dalam sistem sirkulasi , yang mencegah perdarahan yang mengancam jiwa.

Gejala Kekurangan Kalsium

Mengenali kekurangan kalsium dalam tubuh cukup mudah. Kondisi Kekurangan kalsium memiliki beberapa gejala yang sangat jelas, Yakni Seperti :

  • Otot terasa sakit dan bergetar
  • Kram dan kejang
  • Palpitasi
  • Tinggi tekanan darah
  • Osteoporosis
  • Gigi yang longgar
  • Penyakit gusi
  • Insomnia
  • Kram pramenstruasi
  • Tetani
  • Hipertensi
  • Radang sendi

Seringkali, anak-anak yang belum dipelihara dengan kalsium sejak lahir, menderita rakhitis, di mana tulang menjadi lemah dan lentur, sebagai akibatnya, mereka telah menundukkan kaki, dada cekung, dan tulang rusuk manik-manik. Dengan demikian, persediaan kalsium yang teratur sangat penting dalam pertumbuhan anak-anak dan remaja karena secara substansial dapat mengurangi risiko osteoporosis di usia tua. Osteoarthritis adalah penyakit yang umum di salah satu dari setiap tiga wanita dan pada satu pria di setiap 12, di atas 50 tahun.

Sumber Makanan Yang Mengandung Kalsium

Ada banyak sumber kalsium, ini termasuk yang berikut :

  • Susu dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt
  • Salmon kaleng
  • Biji
  • Ikan (salmon dan sarden )
  • Sayuran Berdaun hijau ( brokoli , bayam , dll)
  • Jus jeruk
  • Sereal
  • Tiram
  • Minuman beras
  • Kedelai
  • kacang almond
  • Kacang polong bermata hitam
  • Kacang hijau Dan masih banyak lagi

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Kalsium

Kalsium adalah mineral penting untuk kesehatan tulang, gusi, dan gigi. Dokter sering merekomendasikan wanita untuk mengambil suplemen kalsium, terutama mereka yang menunjukkan tanda-tanda awal masalah tulang seperti osteoporosis atau osteopenia.

Kalsium Dapat Memperkuat Tulang

Kalsium menguatkan tulang punggung, membantu mengurangi rasa sakit punggung , dan menjaga tulang tetap dalam bentuk yang tepat. Ini juga mencegah arthritis dan osteoporosis, yang dapat menghambat kebebasan bergerak Anda dan menjadi sangat menyakitkan. Baca Juga : Obat Patah Tulang Di Apotik

Kalsium Dapat Menjaga Berat Badan

Kalsium secara efisien membantu dalam menjaga berat badan optimal baik pada pria dan wanita. Jika ada kekurangan mineral dalam diet Anda, tubuh akan cenderung melepaskan hormon paratiroid, yang pada gilirannya merangsang tulang untuk melepaskannya ke dalam aliran darah Anda . Ini mempertahankan keseimbangan.

Di sisi lain, hormon paratiroid juga merangsang produksi lemak dan mencegah kerusakannya, yang kemudian dapat membuat Anda kegemukan. Pada dasarnya, pastikan Anda mengambil jumlah kalsium yang tepat agar obesitas tidak merayap masuk.

Kalsium Dapat Melindungi Otot Jantung

Ini melindungi otot-otot jantung Anda . Jumlah yang cukup dari mineral esensial ini dapat membantu otot jantung berkontraksi dan bersantai dengan baik. Ini juga membantu sistem saraf mempertahankan tekanan yang tepat di arteri Anda. Jika ada penurunan kalsium, hormon yang disebut calcitriol dilepaskan, yang mengkontraksi otot polos arteri, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk kontraksi. Ketika konsentrasi intraseluler kalsium meningkat, ion berkumpul bersama pada protein troponin. Ini merangsang sekresi cairan ekstraseluler dan penyimpanan intraseluler, termasuk otot rangka, yang hanya diaktifkan oleh kalsium yang tersimpan dalam retikulum sarkoplasma.

Kalsium Dapat Mencegah Kanker Usus

Kalsium yang memadai mencegah risiko keseluruhan kanker usus besar dan menekan pertumbuhan polip yang dapat menyebabkan kanker. Suplementasi mengurangi risiko adenoma serta tumor non-maligna pada usus besar. Ini sebenarnya adalah pendahulu untuk kanker usus besar, tetapi masih belum diketahui apakah asupan kalsium meminimalkan risiko kanker sepenuhnya.

Mineral berlebih tertinggal di usus Anda setelah tubuh menyerap apa yang dibutuhkannya. Dalam perjalanan melalui usus besar, kalsium yang tidak diserap ini diyakini mengikat promotor kanker sehingga mereka dikeluarkan bersama dari tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa sumber makanan dan suplemennya memberikan efek perlindungan ini. Suplemen harus diambil dalam bentuk cair karena cairan vitamin menyerap 5 kali lebih baik daripada pil.

Kalsium Dapat Mengurangi Premenstrual Depresi

Jumlah kalsium yang cukup mengurangi gejala sindrom pramenstruasi seperti pusing , perubahan suasana hati, hipertensi, dan banyak lainnya. Rendahnya kadar mineral dapat memicu pelepasan hormon yang bertanggung jawab untuk perubahan suasana hati pramenstruasi termasuk iritabilitas dan depresi .

Kalsium Dapat Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal sebenarnya adalah endapan kalsium dan mineral lainnya yang terkristalisasi dalam saluran kemih manusia. Bentuk batu ginjal yang paling umum adalah batu oksalat. Sebelumnya, diperkirakan bahwa asupan tinggi atau penyerapan mineral yang tinggi mengembangkan batu ginjal, tetapi studi terbaru menunjukkan bahwa asupan kalsium diet tinggi mengurangi risiko batu ginjal secara signifikan.

Faktor-faktor lain seperti konsumsi oksalat tinggi dari sayuran berdaun seperti kale dan bayam, serta konsumsi cairan yang berkurang, juga dapat terbukti menjadi penyebab besar batu ginjal.

Kalsium Dapat Mengontrol Tingkat pH Alkalin

Junk food, kelebihan gula , dan makanan yang diawetkan berkontribusi untuk membentuk keasaman dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menimbulkan berbagai kondisi seperti kanker, batu ginjal, dan hipertensi. Kalsium membantu menjaga tingkat pH yang sehat, dengan demikian meningkatkan vitalitas dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kalsium Dapat Mengatur Tekanan Darah

Penelitian telah menyatakan bahwa diet vegetarian dengan jumlah kalsium, magnesium, kalium , dan serat yang tinggi akan menghasilkan tekanan darah yang teratur. Sementara peneliti lain menyimpulkan bahwa peningkatan asupan menyebabkan hipertensi.

Kemudian, terlihat bahwa alasan untuk berbagai macam hasil tersebut adalah karena studi ini menguji pengaruh nutrisi tunggal daripada sumber makanan yang memiliki kandungan gizi . National Institutes of Health melakukan penelitian yang disebut “Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH)”. Diet “khas Amerika” dibandingkan dengan dua diet yang diubah yang kaya buah dan sayuran dan diet “DASH” combo yang diisi dengan buah-buahan, sayuran, dan kalsium. Hasilnya menunjukkan penurunan tekanan darah.

Untuk membantu menguji efek gabungan nutrisi termasuk kalsium dari makanan pada tekanan darah, sebuah penelitian dilakukan untuk menyelidiki dampak dari berbagai pola makan pada tekanan darah. Penelitian ini meneliti efek dari tiga diet yang berbeda pada tekanan darah tinggi dan menemukan bahwa efek gabungan dari berbagai makanan masih menunjukkan itu bermanfaat dalam hal tekanan darah.

Kalsium Dapat Membantu Perawatan gigi

Kalsium melindungi gigi Anda dengan menjaga tulang rahang kuat dan kokoh sepanjang hidup Anda, yang pada gilirannya memastikan gigi pas ketat di mana bakteri tidak dapat berkembang. Jadi, sebelum gigi dan gusi Anda mulai membuat Anda kesulitan, pastikan untuk mempertahankan diet kaya kalsium. Asupannya harus tinggi, terutama pada usia muda, sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan gigi yang kuat.

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari HariManfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Manfaat Kalsium Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *